Bell's Palsy merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan terjadinya kelumpuhan atau kelemahan pada salah satu sisi otot di wajah, dan biasanya ini bersifat sementara.

Tentunya kondisi tersebut dapat dapat membuat seseorang menjadi khawatir, karena ditakutkan kondisi ini menjadi salah satu gejala atau pertanda dari penyakit lainnya.



Bell’s palsy adalah gangguan yang terjadi hanya pada otot dan saraf wajah. Kondisi ini tidak berdampak kepada kinerja otak atau bagian tubuh lainnya. Apabila kelumpuhan di salah satu sisi wajah Anda disertai dengan kelumpuhan atau kelemahan pada bagian tubuh lain, segera periksakan ke dokter.

10 Gejala Bell's Palsy yang Umumnya Sering Terjadi

Bell's Palsy merupakan suatu kondisi medis yang mana gejalanya dapat berkembang dengan cepat, dan dapat mencapai puncaknya dalam waktu sekitar 2 hari. Gejala yang terjadi pada tiap orang dapat berbeda-beda.

Berikut ini adalah 10 Gejala Bell's Palsy yang Umumnya Sering Terjadi:

  1. Terjadinya kelemahan atau kelumpuhan pada salah satu sisi wajah. Biasanya sisi wajah yang terkena bell's palsy ini akan terlihat melorot serta tidak dapat digerakan. Kondisi ini juga terkadang mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan dalam membuka atau menutup mata dan mulut.
  2. Telinga pada bagian sisi wajah yang terkena kelumpuhan terasa sakit
  3. Kondisi telinga yang terpengaruh oleh bell's palsy menjadi lebih sensitif terhadap suara.
  4. Sering merasakan ada dengungan atau berdering pada salah satu atau kedua telinga.
  5. Terjadinya penurunan atau perubahan pada indera perasa.
  6. Mulut yang terpengaruh oleh kondisi ini akan menjadi lebih sering mengeluarkan air liur.
  7. Mulut selalu terasa kering
  8. Timbulnya rasa nyeri pada area rahang
  9. Kepala terasa nyeri yang disertai dengan pusing
  10. Mengalami kesulitan dalam berbicama, makan serta minum.

Walaupun beberapa gejala tersebut umumnya akan mulai membaik dalam jangka waktu sekitar 2-3 minggu serta akan pulih sepenuhnya dalam waktu 9-10 bulan, Anda tetap perlu memeriksakan diri ke Dokter guna memastikan bahwa apakah Anda memang mengalami bell's palsy atau ada penyakit lainnya yang menyebabkan munculnya gejala yang Anda alami.

Selain itu, melakukan pemeriksaan sedari dini juga sangat dibutuhkan supaya bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat, sehingga menjadi lebih cepat dalam proses penyembuhannya.

10 Gejala Bell's Palsy yang Umumnya Sering Terjadi