10 Pemicu Sakit Kepala Yang Tak Pernah Diduga,- Kesal rasanya bila sakit kepala masih suka muncul meski Anda sudah cukup tidur. Padahal, sedang sakit flu pun tidak, Jadi anda akan langsung memutar otak untuk mencari tahu apa yang menjadi pemicu di baliknya. Dan itu justru semakin memperburuk rasa nyeri kepala yang sudah Anda rasakan.

Seperti yang dilansir dari berbagai sumber, ternyata ada cukup banyak lo penyebab dari sakit kepala ini, bahkan hal yang bisa bikin sakit kepala meski Anda dalam keadaan yang sehat-sehat saja dan tidak kurang tidur. Dan berikut ini ada 10 Pemicu Sakit Kepala Yang Tak Pernah Diduga sebelumnya yakni diantaranya :

  • Kepribadian Anda sendiri

Orang dengan kepribadian obsesif lebih berisiko mengalami sakit kepala ketimbang orang yang biasa-biasa saja terhadap suatu hal. Meski begitu, orang yang kaku dan tidak bisa mengutarakan pendapatnya juga memiliki risiko yang sama untuk sering sakit kepala. Jadi, daripada terlalu tegang dan stres akibat pikiran yang tak terkontrol, lakukanlah relaksasi secara rutin.

  • Kegemukan

Wanita obesitas yang indeks massa tubuhnya (IBM) lebih dari 30 memiliki risiko sakit kepala 35 persen lebih besar daripada wanita dengan IBM lebih rendah. Nah, bila indeks massa tubuhnya melebihi angka 40, peluang untuk sakit kepala pun makin besar, yakni 80 persen!

  • Setelah Melakukan Hubungan Suami Istri

Sebanyak 46 persen penderita sakit kepala mengatakan sakit kepalanya muncul setelah berhubungan seks. Sakit kepala ini bisa disebabkan oleh terlalu banyak tenaga yang terkuras saat berhubungan. Meski begitu, sakit kepala setelah berhubungan seks tidak berbahaya bagi sebagian besar orang.

  • Kurang Makan Dan Cairan

Ketika tubuh kekurangan cairan dari air putih atau makanan alami yang mengandung air (terutama buah dan sayur), Anda akan mengalami sakit kepala disertai dengan penurunan energi dan ketidakmampuan untuk fokus. Sedangkan, ketika Anda telat makan, bukan perut Anda yang “protes”, tetapi kepala Anda juga bisa “protes” dengan cara menimbulkan rasa nyeri.

  • Kebanyakan Mengkonsumsi Kafein

Ahli saraf asal New York bernama Audrey Halpern mengatakan kepada Health.com, meski pada sebagian orang kafein bisa meredakan sakit kepala serta memberikan efek segar, nyatanya bila dikonsumsi terlalu banyak dapat menimbulkan sakit kepala. Untuk itu, jangan mengonsumsi kafein lebih dari 2 gelas per hari supaya tidak menjadi bumerang.

  • Libur Sebentar

Ketika Anda berhenti mendadak dari rutinitas pekerjaan, Alexander Mauskop MD, pendiri The New York Headache Center mengatakan bahwa Anda bisa mengalami sakit kepala karena adanya perubahan pola hidup secara mendadak, khususnya dalam hal istirahat. Biasanya, sakit kepala ini muncul di hari minggu atau saat libur singkat telah habis.

  • Cat Rumah

Aroma dari cat rumah yang belum kering juga dapat membuat Anda sakit kepala karena kandungan Volatile Organic Compound atau VOC-nya yang bisa menguap di udara.

  • Kurang Gerak

Sebuah penelitian di Swedia menunjukkan, mereka yang terlalu malas bergerak alias mager lebih sering mengalami sakit kepala ketimbang mereka yang rutin bergerak aktif. Jadi, usahakan untuk melakukan olahraga kardio 20 hingga 30 menit per hari (5 kali seminggu) untuk mengirim darah ke otak dan mengaktifkan hormon endorfin. 

  • Mengunyah Permen Karet 

Salah satu bahan utama pembuat permen karet, seperti aspartam, dapat menyebabkan sakit kepala mendadak. Pemanis buatan ini juga banyak ditemukan dalam permen karet populer yang bebas gula. Bahan ini juga dapat memicu berbagai macam masalah kesehatan yang serius. Selain itu, gerakan mengunyah permen karet yang berulang dapat menyebabkan sakit kepala. 

  • Berhadapan Dengan Cahaya Dalam Waktu Lama 

Pantulan sinar layar komputer, terpapar sinar matahari secara langsung atau berada di bawah penerangan lampu neon terus menerus, ternyata dapat mempengaruhi sel-sel tertentu pada mata yang akan memicu sakit kepala.

Dan itulah ke 10 Pemicu Sakit Kepala Yang Tak Pernah Diduga, bila kondisi sakit kepala ini menyerang anda jangan pernah memperburuh keadaan dengan mengkonsumsi alkohol dan juga makanan yang banyak mengandung MSG. Namun lebih baik untuk memperbanyak mengkonsumsi sayuran, minyak ikan, dan biji-bijian supaya rasa sakit menjadi berkurang. Apabila sakit kepala tidak hilang selama beberapa hari meski Anda sudah meminum obat penghilang rasa nyeri, segera periksakan kondisi tersebut kepada dokter.

10 Pemicu Sakit Kepala Yang Tak Pernah Diduga