Memiliki tekanan darah tinggi tentunya membuat kita perlu untuk selalu mengontrol asupan makanan, supaya kondisi tekanan darah tinggi / hipertensi tidak semakin meningkat, serta untuk mencegah terjadinya berbagai komplikasi yang mungkin dapat terjadi akibat tekanan darah tinggi.

5 Jenis Buah yang Dapat Membantu Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami
Tekanan Darah Tinggi

Banyak beragam cara yang bisa membantu Anda dalam mencegah tekanan darah semakin meningkat, dan membantu menurunkannya hingga kebatas normal. Salah satunya dengan mengonsumsi beberapa jenis buah-buahan yang dipercaya sangat bagus sekali untuk penderita hipertensi.

5 Jenis Buah yang Dapat Membantu Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

Banyak beragam jenis buah-buahan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah terjadinya berbagai komplikasi yang mungkin terjadi akibat hipertensi ini. Berikut ini adalah 5 Jenis Buah yang Dapat Membantu Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami dan tentunya juga sangat aman :

1. Semangka

 Semangka merupakan salah satu buah yang sering anjurkan bagi mereka yang sedang mengalami tekanan darah tinggi. Semangka kaya akan kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh, seperti vitamin A dan C, kalium, magnesium dan beragam nutrisi lainnya. Bukan hanya itu saja, semangka juga memiliki manfaat yang dapat membantu orang yang obesitas untuk mengontrol tekanan darah mereka.

2. Pisang

Apabila tekanan darah Anda saat ini ada diatas normal, tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi pisang. Buah pisang ini sangat tinggi akan kandungan kalium, yaitu salah satu jenis mineral yang memiliki manfaat dapat menyeimbangkan jumlah natrium atau garam di dalam sel. Sehingga dapat membantu untuk mencegah serta mengontrol tekanan darah tinggi.

3. Anggur

Anggur adalah salah satu jenis buah-buahan yang memiliki kandungan polifenol cukup tinggi. Polifenol atau yang juga dikenal sebagai antioksidan memiliki manfaat yang dapat membantu dalam melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, Anggur juga memiliki kandungan serat serta sangat rendah akan kandungan kalorinya. Buah ini dapat membantu mencegah sindrom metabolik (kondisi yang bisa meningkatkan tekanan darah)

4. Beri

Kandungan antosianin (antioksidan) yang memberikan warna cerah pada buah beri (seperti strowberry dan blueberry) memiliki manfaat yang mampu menekan risiko terkena tekanan darah tinggi. Mengonsumsi buah beri sekitar 100 gram setiap minggu dapat membantu anda mencegah atau mengurangi risiko terkenan tekanan darah tinggi.

5. Kiwi

Selain memiliki rasa yang manis dan tajam, ternyata dalam kiwi juga terdapat bergam kandungan nutrisi yang sangat bagus sekali utuk kesehatan tubuh, misalnya seperti vitamin C, vitamin E, folat, dan juga kalium. Bukan hanya itu sajah, kandungan serat dan antioksidan yang terdapat dalam kiwi dapat terbilang cukup tinggi dan sangat bagus untuk membantu mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu kondisi yang perlu untuk Anda perhatikan, karena kondisi ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang cukup berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke.

Selain dengan mengonsumsi buah-buahan yang sangat bagus untuk penderita hipertensi, Anda juga sangat dianjurkan untuk selalu mengontrol tekanan darah Anda, dan melakukan penanganan sedari dini untuk menghindari terjadinya komplikasi yang mungkin terjadi. Itulah sebabnya mengapa pengontrolan ke dokter sangat diperlukan.

5 Jenis Buah yang Dapat Membantu Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami