Selalu mengontrol jenis makanan merupakan salah satu hal yang paling sering dijadikan pengingat supaya kita bisa mencegah kondisi tekanan darah menjadi lebih tinggi, dan mencegah munculnya berbagai komplikasi yang diakibatkan karena tekanan darah.

Kalori merupakan salah satu kandungan yang terdapat dalam makanan dan sering diabaikan oleh mereka yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kandungan kalori yang tinggi dapat memicu berat badan berlebih, dan berdampak buruk bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Deretan Makanan yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi

Deretan Makanan yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi

Selain jumlah kalori, kandungan garam yang terlalu tinggi dalam makanan juga menjadi salah satu hal yang perlu untuk dihindari. Ini disebabkan karena pada garam terdapat kandungan natrium yang dapat mempengaruhi tekanan darah. Jika Anda seorang penderita tekanan darah tinggi (hipertensi), alangkah baiknya untuk tidak mengkonsumsi lebih dari 1500 miligram (mg) natrium per hari.

Berikut ini adalah Deretan Makanan yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi :

Beragam jenis Makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans
Ke dua jenis lemak ini merupakan merupakan musuh utama yang perlu dihindari bagi Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Karena jika terlalu banyak mengkonsumsi lemak jenuh dan lemak trans, dapat mengakibatkan kandungan LDL atau kolesterol jahat menjadi semakin meningkat.

Kondisi tekanan darah tinggi Anda akan semakin memburuk jika kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda semakin meningkat. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan Anda menjadi kian rentan terkena penyakit jantung koroner.

Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans cukup tinggi diantaranya yaitu : kulit ayam, daging merah, mentega, susu tinggi lemak serta masih banyak jenis makanan yang lainnya.

Makanan kemasan
Garam yang terdapat dalam makanan kemasan umumnya lebih banyak daripada yang terdapat dalam makanan buatan sendiri di rumah. Pada penjelasan di awal juga sudah dijelaskan bahwa garam dan natrium sangat berbahaya jika dikonsumsi berlebihan bagi penderita darah tinggi. Itulah sebabnya mengapa lebih baik mengkonsumsi makanan yang diolah sendiri di rumah daripada makanan kemasan, supaya kita dapat mengatur kandungan garam yang terdapat di dalamnya.

Kopi dan minuman berkafein lainnya
Apakah Anda seorang pecinta kopi, namun memiliki riwayat dengan kadar tekanan darah yang tinggi. Alangkah baiknya untuk sementara waktu Anda menghindari mengkonsumsi kopi dan juga minuman berkafein lainnya seperti teh dan soda. Kandungan kafein yang terdapat dalam beberapa jenis minuman tersebut memiliki pengaruh buruk bagi tekanan darah tinggi Anda.

Acar
Hal yang menyebabkan mengapa Acar menjadi salah satu makanan yang harus dihindari adalah kandungan garam yang terdapat didalamnya cukup tinggi. Yang mana kandungan garam berlebih dapat mengakibatkan efek buruh bagi Anda yang menderita hipertensi.

Selain menjaga pola makan yang sehat, menurunkan berat badan (jika Anda mengalami berat badan berlebih atau obesitas), berolahraga secara teratur, serta mengelola stres dengan baik merupakan salah satu hal penting yang juga perlu untuk Anda perhatikan.

Semoga saja informasi yang sudah disampaikan ini bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam mencegah tekanan darah Anda menjadi semakin meningkat dan mencegah timbulnya berbagai penyakit yang menjadi komplikasi dari tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Deretan Makanan yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi