4 Jenis Sayuran untuk Penderita Asam Urat yang Aman Dikonsumsi,- Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit peradangan pada sendi atau arthritis yang dapat menimbulkan gejala berupa rasa sakit / nyeri, kemerahan pada kulit dan dapat menyebabkan pembengkakan pada persendian. Kondisi ini dapat menyerang penderitanya secara mendadak.


Selain melakukan pengobatan, tentunya Anda juga harus menjaga pola makan yang sehat untuk membantu Anda dalam mempercepat proses penyembuhan asam urat. Salah satu diantaranya yaitu dengan menjaga mengkonsumsi sayuran, karena tidak semua sayura aman dikonsumsi oleh penderita Asam urat.

4 Jenis Sayuran untuk Penderita Asam Urat yang Aman Dikonsumsi

Tentunya pengobatan utama untuk penyembuhan asam urat adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan yang sudah diresepkan oleh dokter saat anda melakukan pemeriksaan. Akan tetapi, menjaga pola makan tetap sehat juga merupakan hal yang sangat penting untuk membantu dalam mencegah kondisi asam urat menjadi semakin parah, serta meminimalisir gejala yang mungkin timbul dari penyakit asam urat.

Berikut ini adalah 4 Jenis Sayuran untuk Penderita Asam Urat yang Aman Dikonsumsi :

1. Wortel
Wortel merupakan salah satu jenis sayuran dengan kandungan purin yang paling rendah. Selain itu, beberapa jenis sayuran dari akar, seperti ubi juga rendah akan kandungan purinnya. Purin merupakan zat yang akan dicerna menjadi asam urat di dalam tubuh. Itulah sebabnya mengapa wortel dan beberapa jenis sayuran yang berasal dari akar termasuk kedalam sayuran yang aman dikonsumsi oleh mereka yang menderita asam urat.

2. Terung dan tomat
Terung dan juga tomat merupakan beberapa jenis sayura yang rendah akan kandungan purin nya serta sangat aman dikonsumsi bagi anda yang memiliki riwayat kadar asam urat tinggi.

3. Brokoli
Brokoli adalah salah satu sayuran yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Sayuran ini memiliki manfaat yang dapat membantu Anda dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda.

4. Kentang
Selain rendah akan kandungan purin, kentang juga sangat kaya akan kandungan vitamin C yang bisa membantu Anda dalam menurunkan kadar asam urat yang terdapat dalam tubuh.

Selain dengan memilih beberapa jenis sayuran, Anda juga diharapkan bisa mengontrol makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Karena terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat berdampak buruk bagi Anda yang saat ini mengidap Asam urat, beberapa diantaranya yaitu :

  • Minuman beralkohol
  • Daging merah
  • Jeroan
  • Seafood (Makanan Laut)
  • Roti
  • Oatmeal
  • Serta beragam produk yang mengandung tinggi fruktosa, seperti minuman bersoda, jus, es krim, permen, serta makanan cepat saji.

Tentunya melakukan pengobatan dan menjalani gaya hidup yang sehat merupakan suatu hal yang sangat penting sekali untuk membantu Anda yang menderita Asam urat dalam mengurangi serta menghilangkan gejala yang biasa dirasakan penderita Asam urat.

Semoga saja artikel mengenai 4 Jenis Sayuran untuk Penderita Asam Urat yang Aman Dikonsumsi dapat bermanfaat untuk Anda yang saat ini sedang menderita Asam urat.

4 Jenis Sayuran untuk Penderita Asam Urat yang Aman Dikonsumsi