Wajib Tahu ! 6 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Diabetes,- Selama ini tentunya kebanyakan orang tidak terlalu memikirkan akan makanan yang bernutrisi tinggi atau tidak serta aman bagi kesehatan atau tidaknya, asalkan kenyang makanan jenis apapun seakan menjadi tidak menjadi suatu permasalahan. Namun hal ini TIDAK berlaku bagi orang yang menderita penyakit diabetes, karena ada sejumlah makanan yang memang sangat harus dihindari.

Bagi orang yang memiliki kadar gula darah melebihi batas normal harus benar-benar ketat dalam mengontrol asupan makanan, salah asupan makanan bisa-bisa akan membuat gula darah makin tak terkontrol. Diabetes dapat mengarah pada komplikasi seperti ginjal, jantung, serta organ-organ tubuh lain. Untuk itu agar kondisi ini dapat dihindari dan segera di sembuhkan, maka para penderita wajib menghindari beberapa makanan seperti berikut ini :

  • Minuman Dengan Pemanis Buatan

Minuman dengan pemanis buatan kaya akan karbohidrat dan fruktosa. Kedua zat ini berhubungan resistensi insulin dan diabetes. Studi menganjurkan penderita diabetes menghindari minuman dengan pemanis buatan. Risiko hati bengkak dapat mengintai penderita diabetes jika tidak memperhatikan hal ini.

  • Makanan Mengandung Lemak Trans

Asam lemak trans merupakan lemak yang terbentuk saat cairan minyak terbentuk menjadi lemak padat. Dilansir dari Hello Sehat, terdapat dua jenis lemak trans, yakni lemak trans alami yang dihasilkan dalam usus hewan dan makanan, serta lemak trans buatan yang berasal dari susu dan produk daging. Makanan yang mengandung lemak trans dapat meningkatkan kolesterol jahat alias LDL. Lemak trans membuat kolesterol baik atau HDL menurun. Mereka yang menderita diabetes dapat mengakibatkan peradangan, resistensi insulin dan perut gemuk.

  • Roti Putih, Pasta, Dan Nasi

Ketiga jenis makanan ini mengandung karbohidrat yang tinggi. Penderita diabetes tak dianjurkan mengonsumsinya. Pasalnya, ketiganya hanya akan membuat kadar gula darah naik drastis. Oleh karenanya, biasanya mereka yang sakit diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi.

  • Yoghurt Rasa Buah

Biasanya, yoghurt dalam kemasan tampak menyehatkan karena baik untuk pencernaan, apalagi ditambah dengan rasa buah yang segar. Namun, yoghurt seperti ini dibuat dari susu tanpa lemak atau rendah lemak dan ditambah dengan banyak sekali karbohidrat dan gula. Secangkir yoghurt dapat mengandung 47 gram gula, yang mana 81 persen kalori yang terkandung dalam yoghurt berasal dari gula.

  • Sereal Dengan Pemanis

Sarapan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan praktis berkat kehadiran sereal. Bagi penderita diabetes, sarapan dengan sereal tidaklah dianjurkan. Sereal telah mengalami pemrosesan sehingga ia mengandung karbohidrat tinggi. Sereal juga mengandung protein yang menjaga kestabilan gula darah. Penderita diabetes yang menginginkan gula darah normal tentu tak dapat mengonsumsi sereal.

  • Makanan Dan Minuman Kemasan

Meski menggiurkan, makanan dan minuman dalam kemasan perlu dihindari para penderita diabetes. Makanan dalam kemasan dibuat dengan tepung hasil pemrosesan dan hanya mengandung sedikit nutrisi. Ia juga kaya akan karbohidrat yang dapat menaikkan kadar gula darah. Seperti minuman soda, minuman dalam kemasan termasuk jus buah sekalipun punya efek tidak baik. Jus buah sudah ditambah gula dengan kandungan karbohidrat tinggi dan setara dengan minuman soda biasa.

Dan itulah ke 6 jenis makanan yang WAJIB untuk dihindari oleh para penderita penyakit diabetes, selain dengan cara menghindari beberapa makanan seperti diatas untuk mengobati penyakit diabetes juga harus senantiasa dibarengi dengan pengobatan yang tepat serta pola hidup yang baik dan sehat. Maka Dari Itu Yuk, Mulai Saat Ini Sayangi Kesehatan Anda Sedak Dini, Karena Tentunya Kesehatan Lebih Murah Dibandingkan Dengan Pengobatannya !

Wajib Tahu ! 6 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Diabetes


Baca Juga Informasi Menarik Lainnya :