Penyakit asam urat adalah salah satu kondisi kesehatan yang perlu untuk segera mendapatkan perawatan, karena jika kondisi ini dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan atau pengobatan yang tepat, dapat memicu munculnya berbagai penyakit yang menjadi komplikasi dari penyakit asam urat ini.

Pengertian Penyakit Asam Urat
Penyakit asam urat atau gout adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Tetapi dalam kondisi tertentu, tubuh dapat menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat menumpuk dalam tubuh.

Deretan Penyakit yang Mungkin Muncul Akibat Asam Urat yang Tidak Segera Diobati


Penumpukan asam urat akan membentuk kristal di sendi, yang dapat memicu nyeri dan pembengkakan di berbagai sendi tubuh. Meskipun umumnya terbentuk di sendi, kristal asam urat juga bisa terbentuk di ginjal dan saluran kemih. Kondisi tersebut dapat mengganggu fungsi ginjal atau menyebabkan batu saluran kemih.

Deretan Penyakit yang Mungkin Muncul Akibat Asam Urat yang Tidak Segera Diobati


Penyakit asam urat adalah salah satu kondisi yang perlu untuk segera ditangani. Karena, selain menimbulkan rasa nyeri apabila kondisi ini dibiarkan begitu saja tanpa Adanya pengobatan, dapat menyebabkan terjadinya penumpukan kirstal asam urat, sehingga menimbulkan berbagai penyakit atau kondisi berbahaya lainnya.

Berikut ini beberapa penyakit yang mungkin terjadi pada penderita Asam urat yang tidak segera diobati :

Batu ginjal
Batu ginjal dapat terjadi apabila kandungan asam urat sudah menumpuk di ginjal. Kondisi ini dapat menyebabkan fungsi ginjal menjadi terganggu dan tidak dapat bekerja dengan semestinya.

Kerusakan sendi
Asam urat yang tidak segera diobati dapat berkepanjangan dan bersifat kambuhan. Sehingga dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan pada jaringan sendi secara permanen. Kondisi ini bahkan dapat mengakibatkan sendi menjadi bengkok serta tidak dapat digerakan.

Penyakit ginjal
Ada sebagian para ahli yang menyatakan bahwa asam urat memiliki bahaya terhadap ginjal dan dapat menyebabkan terjadinya penyakit ginjal hingga berakhir dengan kondisi gagal ginjal. Akan tetapi, hal ini masih menjadi perdebatan dari beberapa para ahli.

Penyakit jantung
Biasanya penyakit asam urat lebih sering terjadi orang yang mengidap penyakit gagal jantung, penyakit arteri koroner, serta yang tekanan darah nya tinggi.

Diabetes
Terdapat suatu penelitian yang menginformasikan bahwa Risiko terkena diabetes dapat meningkat sekitar 20% pada orang yang menderita penyakit asam urat.

Keterbatasan Bergerak
Rasa nyeri yang disebabkan oleh penyakit asam urat dapat mengakibatkan pendertanya mengalami kesulitan untuk berjalan, susah untuk melakukan kegiatan sehari-hari, serta dapat menyebabkan kerusakan sendi bahkan cacat permanen.

Selain bebeberapa penyakit yang sudah disebutkan di atas, kondisi asam urat yang tidak segera diobati juga dapat mengakibatkan katarak, sindrom mata kering, bahkan dapat menyebabkan terjadinya pengkristalan asam urat di dalam paru-paru. Itulah sebabnya mengapa Anda harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter supaya bisa mendapatkan penanganan atau pengobatan yang tepat, sehingga dapat mencegah terjadinya beberapa penyakit tersebut yang mungkin muncul pada penderita asam urat yang tidak segera diobat.

Deretan Penyakit yang Mungkin Muncul Akibat Asam Urat yang Tidak Segera Diobati