Tentunya kondisi selalu ingin buang air kecil dapat mengganggu aktivitas sehari-hari kita, karena kita harus sering bolak balik ke WC yang disebabkan karena keinginan buang air kecil secara berlebihan.

Normalnya, buang air kecil dalam sehari adalah 4-8 kali atau sebanyak 1-1,8 liter. Namun, sebagian orang bisa buang air kecil melebihi frekuensi tersebut, bahkan perlu bangun di malam hari untuk buang air kecil.

Banyak wanita yang mengalami kondisi seperti ini, dan mereka tidak menyadari apa sebenarnya hal yang menimbulkan kondisi rasa ingin buang air kecil yang berlebihan.

Sering Buang Air Kecil Pada Wanita Pertanda Apa ? Ini Dia Jawabannya

Sering Buang Air Kecil Pada Wanita Pertanda Apa ? Ini Dia Jawabannya

Terlalu banyak minum air merupakan kondisi paling umum yang menyebabkan timbulnya rasa ingin buang air kecil secara berlebihan pada seseorang, akan tetapi Anda perlu mewaspadai apabila frekuensi anda mengonsumsi air tergolong cukup dan tidak berlebihan, tapi keinginan untuk buang air kecil anda dapat dibilang cukup sering, bisa saja itu menjadi suatu gejala atau pertanda adanya suatu penyakit serius yang memang perlu untuk segera ditangani.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menimbulkan gejala rasa ingin buang air kecil yang berlebihan pada wanita :

Infeksi saluran kemih.
Untuk kondisi infeksi saluran kemih, biasanya selain menimbulkan gejala berupa rasa ingin buang air kecil yang cukup sering tidak dapat ditahan kan, kondisi ini juga biasanya dibarengi dengan demam serta rasa tidak nyaman atau nyeri pada bagian perut bawah.

Kandung kemih terlalu aktif
Kondisi di mana otot kandung kemih berkontraksi secara berlebihan, sehingga menyebabkan keinginan untuk buang air kencing walaupun kandung kemih belum penuh urine.

Infeksi ginjal
Rasa ingin buang air kecil yang terlalu sering dan dibarengi dengan gejala sakit punggung, sakit pada pangkal paha, mual, muntah, demam, serta menggigil dapat menjadi pertanda dari Adanya infeksi ginjal.

Batu ginjal
Batu ginjal adalah suatu kondisi yang mana terbentuknya batu mineral di dalam ginjal ketika urine terkonsentrasi. Biasanya gejala yang muncul karena kondisi ini adalah frekuensi ingin buang air kecil yang sering, namun yang keluar sedikit-sedikit yang disertai dengan munculnya rasa nyeri. Selain itu, terdapat pula gejala lainnya seperti sakit pada perut bagian bawah, terdapat darah pada urine atau warna urine berubah menjadi gelap atau keruh.

Kehamilan
Biasanya pada masa awal kehamilan, frekuensi rasa ingin buang air kecil semakin meningkat, hal ini terjadi karena uterus akan tumbuh dan menekan kandung kemih.

Diabetes
Biasanya frekuensi rasa ingin buang air kecil pada penderita diabetes akan semakin meningkat serta dibarengi dengan jumlah urine yang cukup banyak. Kondisi ini terjadi karena tubuh berusaha membersihkan glukosa yang tidak terpakai di darah melalui urine.

Faktor psikologis
Salah satunya adalah kecemasan berlebihan yang berlangsung lama. Misalnya kekhawatiran tentang keuangan, pekerjaan, sekolah, atau keluarga, tapi tidak dapat menjelaskan penyebabnya secara spesifik (gangguan kecemasan umum). Selain sering buang air kecil, gejala lainnya yaitu jantung berdebar-debar, berkeringat, otot tegang, sulit tidur, lelah, sulit konsentrasi, gemetaran, serta gangguan saluran cerna.

Tentunya diperlukan pemeriksaan secara langsung untuk mengetahui secara pasti apa yang menjadi penyebab dari kondisi sering kencing yang saat ini sedang Anda alami. Supaya bisa mendapatkan perawatan dan penanganan sedari dini sehingga dapat mempercepat dalam proses penyembuhan penyakit yang mungkin menjadi penyebab kondisi sering buang air kecil yang saat ini sedang Anda alami.

Sering Buang Air Kecil Pada Wanita Pertanda Apa ? Ini Dia Jawabannya